Jenis kain batik

http://bajubatik4u.blogspot.com/

Sedikit ulasan jenis kain baju batik

Salah satu hal yang diperhatikan dalam memilih baju batik adalah jenis bahan yang dipakai. Jenis kain ini pula yang kemudian sangat menentukan kualitas dan harga dari sehelai baju batik. Setiap konsumen pasti menginginkan baju batik yang nyaman dipakai sekaligus menampilkan kesan yang indah. Dibandingkan kain baju batik bertekstur kasar, tentu saja batik halus lebih diburu oleh konsumen. Terdapat beberapa jenis kain yang dipakai perajin sebagai bahan dasar penciptaan seni batik.

Pertama adalah jenis kain mori yang terbuat dari kapas dan memiliki keunggulan karena mudah diproses menjadi batik tulis maupun batik cap. Kain mori yang sering dijadikan batik antara lain yaitu mori primissima, mori prima, serta mori biru.
Jenis bahan kedua ialah katun yang sangat digemari karena nyaman dan tidak panas. Katun sendiri terdiri atas beragam tingkatan sesuai dengan campuran serat kapas yang digunakan, seperti katun primissima, prima, polisima, serta katun dobi.
Jenis kain selanjutnya disebut bahan paris yang memiliki tekstur lembut, tipis, serat yang kuat, serta jatuh. Dan yang sering pula dipakai sebagai bahan dasar pembuatan batik yaitu serat nanas, dimana sulur kainnya dapat terlihat dan teksturnya cenderung kasar.
Kemudian batik halus paling istimewa ialah yang terbuat dari sutera. Jenis kain ini ditenun dari serat kepompong yang menghasilkan tekstur lembut dan nyaman dikenakan

Produk Terkait:

Share this product :

+ komentar + 1 komentar

11:25 AM, Juli 09, 2015

Thanks for sharing.. Untuk membuat kain batik yang berkualitas dibutuhkan kain mori batik yang kuat dan tahan terhadap cairan malam yang panas.

Posting Komentar